header-gambar-utama-web-fip-umj rev 2
9 Header Pendas

A. KETUA PROGRAM STUDI : Dr. Muhammad Sofian Hadi, S.S., M.Pd.

B. VISI:

Pada Tahun 2027 Program Studi Magister Pendidikan Dasar Menjadi Program Studi Pelopor dan Unggul dalam Bidang Pendidikan Dasar Yang Mampu Menghasilkan Lulusan Berdaya Saing Global, Profesional, Terkemuka dan Islami.

C. MISI:

  1. Menguasai bidang Teknologi Pendidikan dalam mengamplikasikan desain pembebelajaran berbasis Teknologi.
  2. Memilki kemempuan dalam merancang inovasi dan Teknologi Pendidikan sebagai sumber dan media pembelajaran.
  3. Mengembangkan design pembelajaran dalam studi karya inovasi Teknologi Pendidikan sebagai produk keilmuan.
  4. Menguasai Teknologi Pendidikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilandasi etika, nilai dan moral islami.

D. TUJUAN:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap dan perilaku yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, disiplin, bertanggungjawab, dan memiliki etos pengabdian yang tinggi, serta kepedulian terhadap kesejahteraan kepada masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu merancang desain pembelajaran berbasis Teknologi Pendidikan.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengkaji dan menyusun konsep-konsep Teknologi Pendidikan sebagai basis pelaksanaan pembelajaran dan sumber belajar.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan pendalaman keilmuan untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui penelitian yang mandiri.
  5. Lulusan Magister Teknologi Pendidikan memiliki kemampuan dalam memformulasikan ide-ide baru melalui penelitian untuk mengembangkan teknologi pembelajaran berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

E. PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Program Studi Magister Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta diarahkan untuk menghasilkan lulusan magister yang memiliki keahlian dalam Pendidikan Dasar dan mampu mengembangkan keilmuan Pendidikan Dasar.

PROFIL LULUSAN DESKRIPSI PROFIL LULUSAN
1

Calon Pendidik Pada

Bidang Pendidikan Dasar

Magister   Pendidikan   Dasar   Menyiapkan   yang

mampu mengembangkan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan Kritis, Inovatif, Kreatif, Komunikatif, dan Kolaboratif berlandaskan Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

 2  Calon Peneliti Magister Pendidikan Dasar yang siap menjadi Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan Pendidikan Dasar melalui pendekatan interdisiplin dan multidisiplin serta mampu menghasilkan Inovasi teruji dalam rangka peningkatan mutu Pendidikan yang berlandaskan Al Islam Kemuhammadiyahan.
 3

Konsultan Bidang

Pendidikan Dasar

Magister     Pendidikan     Dasar     yang     mampu

memberikan konsultasi dalam bidang Penelitian dan Pengembangan Kurikulum, Pembelajaran, Berlandaskan AL Islam dan Kemuhammadiyahan.

4 Praktisi Pendidikan Dasar Magister Pendidikan Dasar yang mampu menjadi
Praktisi Pendidikan (Guru, Pengawas, Kepala Sekolah, dan Pengelola Sekolah Dasar) dan mampu menerapkan, mengembangkan inovasi, manajemen, serta pengelolaan Pendidikan Berlandaskan Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

F. CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian Pembelajaran Program Studi Magister Pendidikan Dasar sesuai dengan Profil Lulusan, Merujuk pada deskripsi capaian Pembelajaran SN-DIKTI dan Level 8 (Delapan) KKNI yang terdiri dari Empat Aspek meliputi Sikap, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus, dan Pengetahuan.

a). SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan  tugas  berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,  berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air,  memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

b). PENGETAHUAN

  1. Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar atau praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

c). KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
  2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. Mampu mengidentifikasibidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas
  7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

d). KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu menemukan atau mengembangkan teori/ konsep/gagasan ilmiah bidang pendidikan dasar yang memiliki nilai kebaruan/novelty melalui pendekatan inter, multi, dan transdisiplin serta menerapkan nilai-nilai humaniora berlandaskan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian yang berlandaskan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan melalui publikasi diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.
  3. Mampu memecahkan masalah bidang pendidikan dasar melalui pendekatan penelitian inter, multi, dan transdisiplin untuk kemaslahatan umat manusia berlandaskan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  4. Mampu menemukan atau mengembangkan inovasi, kebijakan, dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter, multi, dan transdisiplin berlandaskan Al- Islam dan Kemuhammadiyahan.

 G. PREDIKAT KELULUSAN

Lulusan dari Program Studi Magister Pendidikan dasar akan mendapatkan Gelar kelulusan M.Pd. (Magister Pendidikan)

H. DOSEN TETAP

  1. Prof. Dr. Masyithoh, M.A.
  2. Prof. Dr. Agus Suradika, M.Pd.
  3. Prof. Dr. Budiyanto, M.T.
  4. Prof. Dr. Syarif Sumantri, M.Pd.
  5. Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd.
  6. Prof. Dr. Darmawan, M.Kes.
  7. Dr. Iswan, M.Si.
  8. Dr. Herwina Bahar, MA.
  9. Dr. Farihen, M.Ag.
  10. Dr. Ahmad Suryadi, M.Pd.
  11. Dr. Sri Immawati, M.Pd.
  12. Dr. Misriandi, M.Pd.
  13. Dr. Ahmad Syarif, M.Pd.
  14. Dr. Ahmad Susanto, M.Pd.
  15. Dr. Saiful Bahri, M.A.
  16. Erry Utomo, Ph.D
  17. Dr. Naswandi Nur, M.Si.
  18. Dr. Muhammad Sofian Hadi, M.Pd.

I. STRUKTUR KURIKULUM

  • Karakteristik Kurikulum Magister Teknologi Pendidikan FIP UMJ

Kurikulum Prodi Pendidikan Dasar  terdiri dari 53 SKS yang mencakup 39 SKS Mata Kuliah Wajib, 12 SKS Mata Kuliah Pilihan dan 2 SKS Mata Kuliah Fakultas

J. DISTRIBUSI MATA KULIAH

Semester

KODE MK

Nama Mata Kuliah

Bobot SKS

Teori Praktik

I

WF08101301 Filsafat Ilmu 2 0
WF08101302 Metodologi Penelitian 3 0
WF08101303 Statistika 3 0
WP08101204 Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks 0 2
PP08101311 Pembelajaran Matematika (Aritmatika dan Pengukuran) 3 0
PP08101312 Pembelajaran Bahasa (Lisan dan Tulis) * 3 0
PP08101302 Pendidikan Karakter berbasis Al Islam dan Kemuhammadiyahan * 3 0
PP08091303 Peminatan IPA* 3 0

Total SKS Semester I

20 2

II

WP08102305 Psikologi Pendidikan untuk Pembelajaran 2 0
WP08102306 Assessmen Pembelajaran 3 0
WP08102307 Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Dasar 1 2
PP08102314 Pembelajaran Matematika (Geometri)* 3 0
PP08102315 Pembelajaran Bahasa (Berbasis Sastra) 3 0
PP08102316 Pengembangan Pendidikan Karakter berbasis Al Islam dan Kemuhammadiyahan * 3 0
Peminatan IPA* 3 0

Total SKS Semester II

18 2

III

WP08101308 Kajian dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar 2 1
WP08101309 Komparasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar 1 2
WP08101310 Kolokium Pendidikan Dasar 1 2

Total SKS Semester III

4 5
IV WF08102617 Tesis 8 0

Total SKS

53 9