whatsapp humasfip@umj.ac.id
whatsapp 021-7442028
8 Header Magister TP-min

A. KETUA PROGRAM STUDI : Dr. Ahmad Suryadi, M.Pd.

B. VISI:

Pada tahun 2027 Program Magister Teknologi Pendidikan menjadi program studi yang terkemuka dan modern dalam memberdayakan dan menghasilkan lulusan yang professional dan islami.

C. MISI:

  1. Menguasai bidang Teknologi Pendidikan dalam mengamplikasikan desain pembebelajaran berbasis Teknologi.
  2. Memilki kemempuan dalam merancang inovasi dan Teknologi Pendidikan sebagai sumber dan media pembelajaran.
  3. Mengembangkan design pembelajaran dalam studi karya inovasi Teknologi Pendidikan sebagai produk keilmuan.
  4. Menguasai Teknologi Pendidikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilandasi etika, nilai dan moral islami.

 

D. TUJUAN:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap dan perilaku yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, disiplin, bertanggungjawab, dan memiliki etos pengabdian yang tinggi, serta kepedulian terhadap kesejahteraan kepada masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu merancang desain pembelajaran berbasis Teknologi Pendidikan.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengkaji dan menyusun konsep-konsep Teknologi Pendidikan sebagai basis pelaksanaan pembelajaran dan sumber belajar.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan pendalaman keilmuan untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui penelitian yang mandiri.
  5. Lulusan Magister Teknologi Pendidikan memiliki kemampuan dalam memformulasikan ide-ide baru melalui penelitian untuk mengembangkan teknologi pembelajaran berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

 

E. PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Program Studi Magister S2TP, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) mengacu pada tujuan program studi yaitu lulusan yang berkemampuan sebagai peneliti yang handal, pendidik yang profesional, dan pengembang teknologi pendidikan yang handal.

PROFIL LULUSAN

DESKRIPSI PROFIL LULUSAN

1

Pengembang Teknologi Pendidikan

Magister Teknologi Pendidikan yang dapat mengembangkankonsep dan penerapan Teknologi Pendidikan yang inovatif dan berkemajuan

2

Pendidik yang profesional dan islami

Magister Teknologi Pendidikan yang memiliki kepribadian Islami yang profesional dan dalam mengembangkan lingkungan belajar yang kondusif pada jalur pendidikan formal dan nonformal, dan informal

3

Peneliti yang kompeten

Magister Teknologi Pendidikan yang memiliki kemampuan meneliti berbagai permasalahan belajar dan pembelajaran serta pendidikan sebagai peneliti yang kompeten untuk menghasilkan penelitian sesuai dengan kawasan Teknologi Pendidikan.

 

F. CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Pascasarjana Teknologi Pendidikan FIP UMJ mencakup empat aspek yaitu: sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. Capaian  pembelajaran lulusan  yang dirancang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6, dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI), serta Association Education Communication Technology(AECT) yang diadopsi oleh Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI).

  • Sikap (S)
    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius, sesuai dengan prinsip Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa.
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
    9. Mengembangkan hasil refleksi berbagai pengalaman praktis di lapangan dan mampu mendemonstrasikan secara efektif proses pelaksanaan teknologi pendidikan berdasarkan materi atau isu dan ilmu pendidikan kontemporer.
    10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan Menginternalisasi semangat kemandirian kejuangan dan kewirausahaan.
  • Keterampilan Umum (KU)/kompetensi dasar
    1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya  seni  dalam bidang  ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai–nilai humaniora sesuai dengan bidang keahlian, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil  kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah  dalam bentuk tesis, dan mempublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara.
    2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahlian dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau institusi yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian.
    3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
    4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin.
    5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
    6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.
    7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.
    8. Mampu mendemonstrasikan pengetahuan yang diperlukan untuk menciptakan, menggunakan, menilai, dan mengelola teori dan proses penerapan secara praktis dari teknologi pendidikan.
    9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  • Keterampilan Khusus (KK)/keahlian
    1. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya di bawah tanggung jawabnya, dan mengevaluasi secara komprehensif kerjanya dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis organisasi.
    2. Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atauseni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan monodisipliner.
    3. Mampu melakukan riset dan mengambil keputusan strategis dengan akuntabilitas dan tanggung jawab penuh atas semua aspek yang berada di bawah tanggung jawab bidang keahliannya.
    4. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atauseni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
    5. Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atauseni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
    6. Mampu memfasilitasi pembelajaran dengan menciptakan, memanfaatkan, menilai, dan mengelola lingkungan belajar secara efektif.
  •  Penguasaan Pengetahuan (PP)/kompetensi pengetahuan
    1. Mengetahui dan mengenal sifat dan karakteristik disiplin ilmu dan dapat memecahkan masalah,termasuk di dalamnya pengetahuan terminologi dan pengetahuan tentang rincian spesifik dan unsur-unsurnya.
    2. Mengetahui hubungan antara unsur-unsur dasar dalam struktur yang lebih besar yang memungkinkan dapat berfungsi bersama-sama, yaitupengetahuan tentang klasifikasi dan kategori, pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan generalisasi, serta pengetahuan tentang teori, model, dan struktur.
    3. Melakukan pengamatan dengan kriteria tertentu untuk menggunakan keterampilan, teknik, dan metode, yaitu pengetahuan tentang subyek-keterampilan khusus, pengetahuan subjek-teknik khusus dan metodenya, serta pengetahuan kriteria untuk menentukan dengan menggunakan prosedur yang tepat.
    4. Memiliki pengetahuan metakognisi secara umum, serta kesadaran dan pengetahuan tentang kognisi sendiri, yaitu pengetahuan strategis, pengetahuan tentang tugas-tugas kognitif, yang kontekstual dengan kondisi pengetahuan umum dan pengetahuan diri.
    5. Merancang, mengembangkan, menerapkan, dan menilai pengayaan teknologi di berbagai lingkungan belajar dalam rangka mendukung komunitas untuk mempraktikannya.
    6. Mengeksplorasi, menilai, mensintesakan, dan menerapkan metode penemuan untuk menambah kualitas pembelajaran dan meningkatkan kinerja manusia, lembaga, masyarakat, dan negara.

 

 G. PREDIKAT KELULUSAN

Mahasiswa dapat lulus dari Pogram Studi PG-PAUD jika telah menempuh 43  sks. Tiap semester mahasiswa diperbolehkan mengambil mata kuliah dengan beban maksimal 12 sks. Indeks prestasi persemester yang diperoleh mahasiswa, menentukan jumlah sks yang diambil untuk semester berikutnya. Indeks Prestasi (IP) semester dan komulatif dihitung berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan universitas. Sedangkan predikat kelulusan mahasiswa ditentukan sebagai berikut :

IPK

PREDIKAT

≤ 2,50

CUKUP

2,50 – 2.75

BAIK

2,76 – 3.00

MEMUASKAN

3.01 – 3.49

SANGAT MEMUASKAN

≥ 3,50

PUJIAN

 

 H. DOSEN TETAP

  1. Prof. Dr. Agus Suradika, M.Pd.
  2. Dr. Ahmad Suryadi, M.Pd.
  3. Dr. R. Andi Ahmad Gunadi, M.Pd.
  4. Dr. Ansharullah, M.Ag.
  5. Dr. Happy Indira Dewi, S.T., M.T.
  6. Dr. Dirgantara Wicaksono, M.Pd.
  7. Dr. Widia Winata, M.Pd.
  8. Dr. Zulfitria, M.Pd.

 

I. STRUKTUR KURIKULUM

  • Karakteristik Kurikulum Magister Teknologi Pendidikan FIP UMJ

Kurikulum Prodi Teknologi Pendidkian  terdiri dari 58 SKS yang mencakup 46 SKS  Mata kuliah wajib, 8 SKS mata kuliah pilihan  dan 2  SKS mata kuliah Fakultas serta  2 SKS mata kuliah  Universitas  yang dapat dikategorikan sebagai berikut :

  1. Mata kuliah Universitas sebesar 2 SKS
  2. Mata Kuliah Fakultas sebesar 2 SKS
  3. Mata Kuliah Prodi sebesar 46 SKS
  4. Mata Kuliah pilihan sebesar 8 SKS

 

J. DISTRIBUSI MATA KULIAH

No

Kode MK

Mata Kuliah

SKS

SEMESTER

I

II

III

IV

A.      Mata Kuliah Kompetensi Umum

6

       

1

MTP-8611

Filsafat Ilmu dan Pendidikan

3

I

     

2

MTP-8612

Metodologi Penelitian

3

I

     

B. Mata Kuliah Kompetensi Utama

28

       

1

MTP-8613

Landasan Teknologi Pendidikan

3

I

     

2

MTP-8614

Orientasi Baru Teori Belajar dan Pembelajaran

2

 

II

   

3

MTP-8615

Desain Instruksional

3

 

II

   

4

MTP-8616

Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran

3

   

III

 

5

MTP-8617

Pengembangan Media dan Pengelolaan Sumber Belajar

3

I

     

6

MTP-8619

Pengembangan Instrumen Pembelajaran

3

   

III

 

7

MTP-8620

Teknologi Kinerja Manusia

3

 

II

   

8

MTP-8621

Kawasan Penelitian TP

2

 

II

III

 

9

MTP-8622

Tesis

6

     

IV

C. Mata Kuliah Kompetensi Pendukung

8/16

       

1

MTP-8623

Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam  Pendidikan

3

 

II

III

 

2

MTP-8624

Orientasi Baru Psikologi Pendidikan

3

   

III

 

3

MTP-8629

Pengembangan Sistem Instruksional **

2

   

(III)

 

4

MTP-8630

Desain Pembelajaran Campuran (Blended Learning) **

2

   

(III)

 

5

MTP – 8631

Distance Learning 2**

2

   

III

 

6

MTP – 8632

Difusi dan Inovasi Pendidikan **

2

   

III

 

7

MTP-8618

Manajemen Sistem Informasi Pembelajaran

2

 

II

   

E. Mata Kuliah Matrikulasi

8

       

2

MTP-8626

Kapita Selekta Pendidikan

2

I

     

3

MTP-8627

Text Reading and Analysis/Bahasa Inggris

2

I

     

JUMLAH TOTAL SKS

58