
A. KETUA PROGRAM STUDI : Mutiarani, M.Pd.
B. VISI
Pada tahun 2025 menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang Terkemuka, Modern, dan Islami dalam melahirkan Pendidik dan Praktisi Pendidikan Bahasa Inggris yang Profesional.
C. MISI
- Menyelenggarakan Program Pembelajaran Program Studi Bahasa Inggris yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan.
- Menyelenggarakan Program Studi Bahasa Inggris yang Kompetitif berdasarkan kurikulum yang aplikatif dan inovatif sesuai dengan kebutuhan dunia kerja di bidang pendidikan.
- Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris dengan mengembangkan kajian-kajian literatur dari berbagai sumber dan lembaga penelitian.
D. TUJUAN
- Mampu mengaplikasikan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam menjalankan profesinya sebagai calon pendidik Bahasa Inggris.
- Mampu menguasai keilmuan Bahasa Inggris dan menerapkannya pada proses pengajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
- Mampu melaksanakan penelitian sederhana yang hasilnya dapat berkontribusi dalam pengembangan khazanah keilmuan Pendidikan Bahasa Inggris.
- Mampu menerapkan ilmu dan keterampilannya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
E. CAPAIAN PEMBELAJARAN
- Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan setara tingkat Post-intermediatedalam konteks keseharian/umum, akademis, dan profesional (sesuai bidang pekerjaan).
- Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan di bidaqng profesi tertentu (English for specific purposes) pada tingkat intermediate.
- Mampu mengadaptasi/budaya yang positif dari masyarakat pemakai bahasa Inggris ke dalam budaya bahasa ibu.
- Mampu melaksanakan tata-kelola yang mencakup perencanaan, penerapan, pengelolaan, pengevaluasian, dan perbaikan proses pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan standar mutu.
- Mampu menerapkan metode dan proses belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris untuk bidang khusus (English for specific purposes).
- Mampu menentukan dan menggunakan metode penelitian yang tepat dalam penyelesaian masalah pembelajaran bahasa.
- Mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi sumberdaya yang ada untuk mengoptimalkan penyelenggaraan administrasi dan supervisi kelas dan sekolah, atau institusi lain di bidang pendidikan bahasa yang menjadi tanggung jawabnya.
- Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang berkaitan dengan mutu pembelajaran Bahasa Inggris untuk menemukan alternatif pemecahan masalah, atau untuk pengambilan keputusan.
- Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam mengikuti proses pembelajaran bahasa Inggris.
- Mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris.
- Menguasai konsep-konsep atau teori kebahasaan bahasa Inggris umum (general English).
- Menguasai konsep-konsep atau teori kebahasaan bahasa Inggris di bidang tertentu (English for specific purpose ).
- Menguasai konsep teoretis dan penegtahuan dasar tentang kesastraan umum dan kesasatraan Inggris.
- Menguasai prinsip-prinsip Pedagogi, Psikologi Perkembangan dan Psikolog Pendidikan.
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi IPTEK di bidang pembelajaran bahasa Inggris.
- Memiliki kemampuan kerja mandiri maupun tim secara bermutu dan terukur.
- Mampu melakukan penelitian ilmiah (riset) di bidang pendidikan dan pembelajaran, khsusnya di bidang pembelajaran bahasa Inggris dan menuliskan hasilnya dalam bentuk laporan (karya ilmiah) serta mengunggahnya ke jurnal atau ke website suatu perguruan tinggi.
- Memiliki jiwa kewirausahaan (interpreunership) di bidang pendidikan, khususnya di bidang atau yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Inggris.
- Mampu mengembangkan, memupuk dan memelihara jaringan kerja sama dengan kolega, stake-holders, dan masyarakat di luar lembaga tempat bekerja.
- Memiliki pemahaman nilai-nilai pendidikan dan pengajaran sesuai Al Qur’an, al Hadits dan prinsip-prinisp kemanusiaan universal.
- Mampu mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam al Qur’an dan al Hadits dalam bidang pekerjaan yang ditekuni.
- Mampu membawa diri dan menjadi panutan bagi orang lain sesuai dengan landasan-landasan yang tertuang dalam al qur’an dan al hadits pada bidangnya.
F. PROFIL LULUSAN
Setiap lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris mampu menjadi Professional English Teacher, Translators/Interpreters, Tour Guide and Coordinators, Instructional ICT Designers, Editors, Performers in ELT dan Content Creator.
G. KOMPETENSI PENDUKUNG LULUSAN
Untuk mendukung kompetensi utama lulusan, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FIP UMJ memasukkan berbagai mata kuliah kependidikan, kemuhammadiyahan dan Bahasa Indonesia sebagai kompetensi pendukung lulusan.
Mata kuliah kependidikan meliputi; Landasan Ilmu Pendidikan, Profesi Pendidikan, dan Psikologi Pendidikan. Mata kuliah kemuhammadiyahan meliputi; Pendidikan Agama, Bahasa Arab (Alquran), Aqidah, Ibadah/Akhlak, Muamalah, Kemuhammadiyahan, ddan Kependidikan Islam.
H. KOMPETENSI PENDUKUNG LAINNYA / PILIHAN LULUSAN
Kompetensi lain Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris diwujudkan dalam kelompok Mata Kuliah berkarya, dengan kompetensi mengembangkan keterampilan dibidang pendidikan dan pengajaran dan kewirausahaan. Seperti mata kuliah/kompetensi dibawah ini:
- Translation/Interpreter
- Guiding and Tourism
- Blended Learning
- Business English
- Tour Guide
- Content Creator
Mata kuliah tersebut diatas merupakan bagian dari mata kuliah pilihan yang masing-masing berbobot 2 SKS.
I. DOSEN TETAP
- Dr. Muhamad Sofian Hadi, S.S., M.Pd.
- Aswir, M.Pd.
- Lidiyatul Izzah, M.Pd.
- Mutiarani, M.Pd.
- Pipit Novita, M.Pd.
- Zaitun, M.Pd.
J. DISTRIBUSI MATA KULIAH
SEMESTER 1 |
||
Kode MK |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
UMJ 004 |
AIK |
2 |
FIP 008 |
Bahasa Indonesia |
2 |
FIP 190 |
Ilmu Pendidikan |
3 |
UMJ 001 |
Pendidikan Pancasila |
2 |
FIP 060 |
Psikologi Pendidikan |
2 |
ENG 402 |
Basic Grammar |
3 |
ENG 287 |
Listening 1 |
2 |
ENG 298 |
Speaking 1 |
3 |
ENG 401 |
Basic Reading |
3 |
Total |
22 |
SEMESTER 2 |
||
Kode MK |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
UMJ 005 |
AIK II |
2 |
FIP 600 |
Belajar dan Pembelajaran |
3 |
FIP 026 |
Etika dan Profesi Kependidikan |
2 |
FIP 609 |
Media & Teknologi Pembelajaran |
3 |
UMJ 002 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
FIP 800 |
Pengembangan Bakat dan Kreatifitas |
2 |
ENG 861 |
Intermediate Grammar |
3 |
ENG 288 |
Listening 2 |
2 |
ENG 299 |
Speaking 2 |
3 |
ENG 418 |
Intensive Reading |
2 |
Total |
24 |
SEMESTER 3 |
||
Kode MK |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
FIP 802 |
Magang 1 |
1 |
FIP 158 |
Administrasi dan Supervisi Pendidikan |
2 |
UMJ 006 |
AIK III |
2 |
FIP 611 |
Evaluasi Pembelajaran |
3 |
FIP 028 |
Statistics |
3 |
FIP 801 |
Pendidikan inklusif |
2 |
ENG 405 |
Advanced Grammar |
3 |
ENG 289 |
Listening 3 |
2 |
ENG 410 |
Speaking 3 |
3 |
ENG 305 |
Writing 1 |
3 |
Total |
24 |
SEMESTER 4 |
||
Kode MK |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
UMJ 03 |
AIK IV (Kemuhammadiyahan) |
2 |
FIP 164 |
Entrepreneurship |
3 |
FIP 205 |
Educational Research Methodology 1 |
3 |
FIP 612 |
Curriculum material Development |
3 |
ENG 306 |
Writing 2 |
3 |
ENG 281 |
Extensive Reading |
3 |
ENG 400 |
Introduction to linguistics |
3 |
ENG 403 |
TEFL |
3 |
Total |
23 |
SEMESTER 5 |
||
Kode MK |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
FIP 803 |
Magang 2 |
2 |
FIP 806 |
Educational Research Methodology 2 |
3 |
FIP 613 |
Perencanaan pembelajaran |
3 |
ENG 291 |
Writing 3 |
3 |
ENG 284 |
Introduction to English Literature |
3 |
ENG 409 |
Language Testing |
3 |
ENG 413 |
CCU |
2 |
ENG 309 |
ESP |
2 |
ENG 864 |
Guiding and Tourism* |
2 |
Total |
23 |
SEMESTER 6 |
||
Kode MK |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
23 |
Pembinaan Kompetensi Mengajar (Microteaching) |
3 |
23 |
Translating and Interpreting |
3 |
23 |
Islamic Values and EFL |
2 |
23 |
Business English* |
2 |
23 |
Thesis Writing |
3 |
23 |
Innovation in ELT |
2 |
23 |
Sociolinguistics |
2 |
23 |
Blended Learning * |
2 |
23 |
English for Young Learners* |
2 |
23 |
Psycholinguistics* |
2 |
Total |
23 |
SEMESTER 7 |
||
Kode MK |
Nama Mata Kuliah |
SKS |
FIP 057 |
KKN (Kuliah Kerja Nyata) |
3 |
FIP 804 |
Magang 3 |
2 |
FIP 056 |
Skripsi |
6 |
Total |
11 |
K. SERTIFIKAT AKREDITASI BAN PT
TAHUN 2016 – 2021 SERTIFIKAT AKREDITASI – B [unduh]