whatsapp humasfip@umj.ac.id
whatsapp 021-7442028
2 Header PGSD-min

A. KETUA PROGRAM STUDI   : Azmi Al Bahij, M.Si.

B. SEKRETARIS                           : Nurbaiti Widyasari, M.Pd.

 

C. VISI

Pada tahun 2025 menjadi Program Studi terkemuka, modern, Islami, dan profesional dalam menyiapkan pendidik di jenjang Sekolah Dasar.

D. MISI

  1. Menyiapkan guru SD yang professional dan Islami.
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang kondusif bagi para mahasiswa PGSD.
  3. Mengembangkan model pembelajaran yang inovatif berbasis riset di SD.
  4. Mengembanglkan model pembelajaran Berbasis teknologi IR 4.0.
  5. Mengembangkan kompetensi pendidik yang kompetitif di era IR 4.0
  6. Menjadikan Prodi PGSD sebagai pusat studi penelitian pendidikan dasar.

 

 E. TUJUAN

  1. Menghasilkan calon pendidik yang profesional Islami.
  2. Menghasilkan lulusan dalam jangka waktu 8 semester dengan IPK minimal 3.0.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai calon pendidik yang kompetitif di SD.
  4. Menghasilkan lulusan yang berkemampuan dalam melakukan penelitian pemula di bidang keilmuan SD.
  5. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkemajuan dalam melaksanakan pembelajaran sesuai tahapan perkembangan siswa SD.
  6. Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
  7. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan.

 

F. RUMUSAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Capaian pembelajaran lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UMJ mencakup empat aspek yaitu: sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. Capaian  pembelajaran lulusan  yang dirancang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6, Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) dan Standar Nasional Pendidikan Guru (SNPG). Sebelum perumusan SKL, maka penentuan profil lulusan akan membantu dalam perumusan CPL, berikut adalah profil lulusan prodi PGSD FIP UMJ.

 

G. DESKRIPSI PROFIL LULUSAN

PROFIL LULUSAN

DESKRIPSI PROFIL LULUSAN

1

Calon Pendidik  Guru SD

Calon pendidik di SD yang  mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi  dan mengembangkan pendidikan berdasar keilmuan yang selaras dengan Al-Islam Kemuhammadiyahan.

2

Peneliti Pemula bidang pendidikan sekolah dasar

Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah yang selaras dengan karakter Al-Islam Kemuhammadiyahan.

3

Wirausaha pendidikan sekolah dasar

Seorang wirausaha yang mampu memberikan kontribusi keilmuannya dalam memecahkan permasalahan di lingkungan bermasyarakat berdasarkan nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan

Penentuan Profil lulusan merupakan tahapan dalam penentuan CPL yang dimual dalam SKL seperti berikut:

  • Sikap (S)
    1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika.
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
    11. Memahami dirinya secara utuh sebagai pendidik.
  • Keterampilan Umum (KU)
    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
    3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
    4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
    5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
    6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
    7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
    8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, dan
    9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  • Keterampilan Khusus
    1. Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
    2. Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
    3. Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran.
    4. Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar
    5. Mampu merancang, melaksanakan, menganalsis dan menindaklanjuti evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar.
    6. Mampu merancang, mengaplikasikan dan mengevaluasi media pembelajaran berbasis konkrit dan digital di era 4.0 7. Mampu menerapkan layanan bimbingan konseling di sekolah dasar.
    7. Mampu menyelesaiakan permasalah dalam bidang Pendidikan SD (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP dan PJOK) dengan menerapkan IPTEKS dengan memperhatikan kearfian lokal.
  • Pengetahuan
    1. Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar.
    2. Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar.
    3. Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK.
    4. Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar.
    5. Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar.
    6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan pendidikan di sekolah dasar.
    7. Menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal.

 

H. DOSEN TETAP

    1. Dr. Iswan, M.Si.
    2. Dr. Herwina Bahar, M.A.
    3. Dr. Misriandi, M.Pd.
    4. Dr. Ahmad Susanto, M.Pd.
    5. Dr. Harizal, M.Pd.
    6. Dr. Nurdiansyah, M.Pd.
    7. Dr. Sri Imawati, M.Pd.
    8. Dr. Listiani Rita, M.Pd.
    9. Dr. Pratiwi Kartika Sari, M.Pd.
    10. Drs. Yatimollah, M.Pd.
    11. Drs. Muttaqillah, M.Pd.
    12. Drs. Warjoko, M.M.
    13. Tatang Garnita, M.Pd.
    14. Toto Sunarto, M.Pd.
    15. Sumardi, M.Pd.
    16. Nidar Yusuf, M.Pd.
    17. Yudha Prapantja, M.Pd.
    18. Mas Roro Diah Wahyu Lestari, M.Pd.
    19. Nurhayati, M.Pd.
    20. Sholehuddin, M.Pd.
    21. Bambang Irawan, M.Pd.
    22. Azmi Al Bahij, M.Si.
    23. Apri Utami Parta Santi, M.Si.
    24. Nurbaiti Widyasari, M.Pd.
    25. Muhammad Hayyun, M.Pd.
    26. Gunawan Santoso, M.Pd.
    27. Lativa Qurrotaini, M.Pd.
    28. Dendi Wijaya Saputra, M.Pd.
    29. Siska Kusumawardani, M.Pd.
    30. Venni Herli Sundi, M.Pd.
    31. Fitria Rosmi, M.Pd.
    32. Linda Astriani, M.Pd.
    33. Lutfi, M.Pd.
    34. Laily Nurmalia, M.Pd.
    35. Dewi Setiyaningsih, M.Pd.

 

I. PETA KURIKULUM PRODI PGSD BERBASIS MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)

pgsd umj (3)-min
pgsd umj (2)-min
pgsd umj (1)-min

 

J. DISTRIBUSI MATA KULIAH

SEMESTER 1

KODE MK

NAMA MATA KULIAH

SKS

Prasyarat

MK

UMJ 001

Pendidikan Pancasila

2

 

1

UMJ 004

AIK Aqidah Akhlak

2

 

2

FIP 008

Bahasa Indonesia

2

 

3

FIP 060

Psikologi Pendidikan

2

 

4

FIP 190

Ilmu Pendidikan

3

 

5

 

Matematika Dasar

3

 

6

 

Apresiasi Sastra

3

 

7

 

Konsep Dasar PPKN SD

3

 

8

Total

20

 

 

SEMESTER 2

KODE MK

NAMA MATA KULIAH

SKS

Prasyarat

MK

UMJ 002

Pendidikan Kewarganegaraan

2

 

9

UMJ 005

AIK Ibadah

2

 

10

FIP 195

Belajar dan Pembelajaran

3

 

11

FIP 800

Pengembangan Bakat dan Kreatifitas

2

 

12

 

Konsep Dasar IPS

3

 

13

 

Aritmatika SD

3

 

14

 

Konsep Dasar IPA Biologi

3

 

15

 

Pendidikan Multikultural

2

 

16

Total

20

 

 

SEMESTER 3

KODE MK

NAMA MATA KULIAH

SKS

Prasyarat

MK

UMJ 006

AIK Muamalah

2

 

17

FIP 028

Statistika Pendidikan

3

 

18

FIP 194

Media dan Teknologi Pembelajaran

3

 

19

FIP 613

Perencanaan Pembelajaran

3

 

20

FIP 801

Pendidikan Inklusif

2

 

21

 

Geometri dan Pengukuran di SD

3

 

22

 

PJOK di SD

3

 

23

 

Konsep Dasar IPA Fisika

3

 

24

Total

22

 

 

SEMESTER 4

KODE MK

NAMA MATA KULIAH

SKS

Prasyarat

MK

UMJ 03

AIK Kemuhammadiyahan

2

UMJ 006

25

FIP 164

Kewirausahaan dan Teknopreuneur

3

 

26

FIP 193

Pembinaan Kompetensi Mengajar (Micro Teaching)

3

FIP 613

27

FIP 182

Hizbul  Wathon

3

 

28

 

Ketrampilan Berbahasa Indonesia di SD

3

 

29

 

Persepektif Global

3

 

30

 

Desain Pembelajaran Berbasis Multimedia

 

31

 

Pendidikan Tematik

2

 

32

Total

22

 

 

SEMESTER 5

KODE MK

NAMA MATA KULIAH

SKS

Prasyarat

MK

FIP 805

Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

3

 

33

 

Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SD

3

 

34

 

Pengembangan Pembelajaran IPA SD

3

 

35

 

Pengembangan Pembelajaran IPS SD

3

 

36

 

Pengembangan Pembelajaran PKN SD

3

 

37

 

Pengembangan Pembelajaran Matematika SD

3

 

38

 

Menejemen Penggelolaan Kelas

2

 

39

Total

20

 

 

SEMESTER 6

Kode MK

Nama Mata Kuliah

SKS

Prasyarat

MK

FIP 026

Etika dan Profesi Kependidikan

2

 

40

FIP 057

KKN (Kuliah Kerja Nyata)

3

 

41

FIP 159

Evaluasi Pembelajaran

3

 

42

FIP 802

Magang Model Pembelajaran

1

 

43

FIP 803

Magang Administrasi

2

 

44

FIP 804

Magang Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)

2

 

45

FIP 806

Metodologi Penelitian Tindakan Kelas

3

 

46

SD 820

Pendidikan Karakter

3

 

47

Total

19

 

 

SEMESTER 7

KODE MK

NAMA MATA KULIAH

SKS

Prasyarat

MK

FIP 056

Skripsi

6

 

48

 

Pendidikan Lingkungan Hidup

3

 

49

 

Pengembangan Kreatifitas Seni Budaya di SD

3

 

50

 

STEAM

2

 

51

 

Pendidikan Gizi dan Pengelolaan UKS*

2

 

52

 

Literasi dan Numerasi*

2

 

53

 

Aplikasi Pengolahan Data*

3

 

54

 

Digital Marketing*

3

 

55

Total

20

 

 

SEMESTER 8

KODE MK

NAMA MATA KULIAH

SKS

Prasyarat

FIP 056

Skripsi

6

 

Total

6

 

Keterangan :

Merah muda = Pertukaran pelajar prodi yang berbeda dalam PT

Hijau = Pertukaran pelajar prodi sama luar PT

Biru = kegiatan mengajar di sekolah/membangun desa

* = mata kuliah pilihan (minimal mata kuliah pilihan adalah 7 SKS)

 

K. SERTIFIKAT AKREDITASI BAN PT

TAHUN 2013 – 2018 SERTIFIKAT AKREDITASI – PGSD B  [unduh]

TAHUN 2018 – 2023 SERTIFIKAT AKREDITASI – PGSD A  [unduh]

 

L. WEBSITE : http://gsd.umj.ac.id/